Minggu, 18 Januari 2015

Dorayaki with Ovomaltine Spread

Pagi-pagi bingung mau sarapan apa. Lihat list resep ada resep dorayaki dari mbak beta wicaksono. Wah kayanya perlu dicoba sekalian nyobain ovomaltine "impor" dari jawa yang barusan datang :D. Bikinnya gampang banget. Yang penting kocok telur sampai kental mengembang dan adonan perlu didiamkan sebelum dipanggang. Isi bisa sesuai selera.

DORAYAKI
Recipe by Beta Wicaksono
Rebake by chuz's kitchen

Bahan:
2 butir telur
80 gr gula pasir
1 sdm madu
1/2 sdt soda kue --> ga punya jadi aku ganti baking powder
50 ml air
130 gr terigu protein rendah ( sedang juga tidak apa apa)--> aku pakai 100gr tepung segitiga biru+27gr (1 bungkus) susu bubuk dancow 

Cara Membuat:
1. Kocok telor, gula,madu dengan whisk sampai agak mengembang/pucat. tidak perlu lama lama sampai mengembang seperti membuat cake. Yang penting lebih kental.
2. Masukkan tepung dan soda kue/baking powder, aduk dengan whisk secukupnya.
Agak kasar memang, nanti akan menghalus setelah air/susu masuk.
3. Masukkan air, aduk dengan whisk, diamkan 10 menit. Aduk lagi.
4. Tuang dengan sendok sayur ke teflon datar, api kecil (wajan di tutup lebih baik, tidak juga tidak masalah). Setelah muncul gelembung gelembung dan pinggiran tidak basah, balik adonan. Panggang sebentar. Angkat.

TIPS:
1. Ingat langsung tutup dengan serbet, dorayaki yang sudah matang (panas). Ini supaya dorayaki tetap empuk. Simpan di wadah kedap. Tahan 2 hari
2. Gunakan teflon yang masih baik, supaya tidak lengket.
3. Untuk langkah pertama, kuaskan minyak tipis pada teflon, lalu lap dengan tissue halus. Wajan seperti kering tanpa minyak kembali, tapi bila di usap tangan ada lapisan minyak tipis. Lalu dadar adonan. Setelahnya tidak perlu kuas minyak lagi supaya mulus.
4. Gunakan api kecil, ingat api kecil ya...
5. Setelah dingin, dilingkaran bagian dalam dorayaki akan keluar seperti madu (ya emang madu sihhh). Ini akan menjadi lem ketika di tangkupkan.
Isian bebas yaa...

4 komentar: